Translate

Senin, 16 Januari 2012

Hacker vs cracker

#Hacker vs cracker
Apakah perbedaan mendasar antara cracker dan hacker? Di www.whatis.com, cracker didefinisikan sebagai “seseorang yang masuk ke sistem orang lain, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, atau secara sengaja melawan keamanan komputer. Cracker dapat mengerjakan hal ini untuk keuntungan, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukkan kelemahan keamanan sistem.”

Hacker menurut Eric Raymond didefinisikan sebagai pemrogram yang pandai. Sebuah hack yang baik adalah solusi yang cantik atas masalah programming dan “hacking” adalah proses pembuatannya. Menurut Raymond ada 5 ciri yang menandakan seseorang adalah hacker, yaitu:
• Suka mempelajari bahasa pemrograman atau sistem secara rinci.
• Dapat melakukan pemrograman, tidak hanya teori.
• Bisa menghargai, menikmati hasil hacking orang lain.
• Dapat cepat belajar pemrogramman.
• Ahli bahasa pemrograman tertentu atau sistem tertentu, seperti “UNIX hacker.”

#Sombong
Sombong merupakan salah satu sebab utama seorang hacker tertangkap. Mereka menyombongkan diri dan memproklamirkan apa yang mereka capai untuk memperoleh pengakuan dari yang lain. Hacker lain, karena pengetahuannya masih kurang, biasanya memilih target secara hatihati. Secara perlahan hierarki mereka akan naik sesuai kemampuannya, tanpa menyombongkan diri.

#Hacker menolong industri
Umumnya pembuat software akan sangat berterima kasih akan masukan dari para hacker, karena dengan adanya masukan ini software yang mereka buat menjadi semakin baik. Memang kadang eksploit yang dihasilkan para hacker tidak langsung diperoleh si perusahaan software, tetapi ditahan oleh komunitas underground ini sampai digunakan oleh lamers dan membuat kekacauan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
[MASUKAN SCRIPT KODE BUKU TAMU ANDA DISINI]
Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini